Manfaat Sholat Untuk Kesehatan



manfaat sholat

sholat ialah salah satu tanggung jawab bagi semua mukmin. sebuah amalan mulia yang memiliki peran krusial untuk keimanan seseorang. sehingga nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumpamakan sholat bagaikan pondasi dalam suatu bangunan. 

nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “islam dibentuk di atas lima hal: membenarkan bahwa tak ada sesembahan yang berhak dipuja dengan benar selain allah dan nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusan allah, menegakkan sholat….” hr bukhâri dan muslim

oleh karena itu, ketika muadzin menyuarakan adzan, kaum muslimin berlomba-lomba memasuki rumah-rumah allah subhanahu wa ta’ala, bersuci, lantas berjajar rapi di belakang imam sholat para mukminin. 

mulailah kaum muslimin masuk dalam dialog dengan allah subhanahu wa ta’ala dan sungguh khusyu’ menikmati sholat sampai imam menyampaikan salam. dan sesudah sholat dhuha, tiap-tiap larut pada aktifitasnya.

terbersit soal, apakah setiap orang mukminin setara dalam menikmati sholat ini? apakah juga mendapatkan pahala yang setara?

mesti disadari bahwa semua perbuatan shalih menghasilkan konsekuensi bagus untuk pelaku-pelakunya. konsekuensi ini akan semakin banyak sesuai dengan keikhlasan dan kebenaran amalan tersebut. dan pernahkah kita bertanya, “adakah manfaat dari shalatku?” atau “sudahkah aku merasakan manfaat sholat?”

imam hasan al-bashri sempat menyatakan: “wahai bani manusia. shalat adalah perkara yang dapat menghalangimu dari maksiat dan kejelekan. apabila shalat tidak menghalangimu dari kesalahan dan kemungkaran, maka sebenarnya engkau belum shalat”.

dari petuah beliau ini, kita bisa memahami bahwa sholat hajat yang ditunaikan dengan tepat akan membawa dampak baik untuk pelakunya. dan pada artikel ini, marilah kita mengkaji manfaat shalat. trus kita tanyakan kepada diri sendiri, sudahkah aku merasakan manfaat shalat?

1. sholat merupakan simbol kedamaian

shalat mengindikasikan kedamaian batin dan kebersihan batin para pelakunya. saat menunaikan shalat dengan sesungguhnya, maka diraihlah puncak kedamaian jiwa dan pangkal semua kesejukan jiwa. 

dahulu, orang-orang beriman mendapatkan kesejukan dan pelepas segala permasalahan ketika mereka tenggelam dalam kekhusyu’kan shalat. diriwayatkan oleh imam abu dawud rahimahullah dalam sunan-nya:

suatu hari ‘abdullah bin muhammad al-hanafiyah berangkat beserta bapaknya mengunjungi saudara mereka dari golongan anshar. kemudian datanglah waktu shalat. dia pun memanggil pesuruhnya,”wahai pesuruh, ambillah air wudhu! moga-moga dengan shalat aku bisa rehat,” kami pun menyangkal ucapannya. dia berkata: “aku mendengar nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,’bangkitlah ya bilal, rehatkanlah kami dengan shalat!’.”

hendaknya kita bercermin diri, sudahkah kebahagiaan seperti ini kita temukan dalam ibadah kita? telah sungguh banyak ibadah yang kita tunaikan, akan tetapi pernahkah kita berfikir manfaat dari shalat ini? atau rutinitas ibadah yang kita lakukan sehari-hari?

suatu tatkala salah satu tabi’in yang bernama sa’id bin musayib mengeluhkan nyeri di matanya. para kawannya berkata baginya: “sekiranya engkau ingin berjalan-jalan mengok hijaunya wadi ‘aqiq, niscaya akan mengurangi bebanmu,” namun ia berkata: “kemudian apa faedahnya aku shalat ‘isya` dan subuh?”

begitulah, generasi terdahulu dari umat ini menempatkan shalat pada kehidupan mereka. bagi mereka, shalat merupakan penawar untuk berbagai kesusahan. dengan jiwa mereka mengerjakan shalat, sehingga hati menuai kebahagiaan dan merasakan kebahagiaan.

2. shalat adalah cahaya

gapailah cahaya dari shalat. sadarilah, cahaya shalat bukanlah cahaya biasa. dia cahaya yang diberikan oleh penguasa alam semesta ini. diberikan untuk membimbing umat ke jalan yang benar, yakni jalan ketundukan kepada allah semesta alam.

dalam sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh imam muslim, dari sahabat abu mâlik al-‘asy’ari rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “dan shalat itu adalah cahaya”. 

oleh karena itu, marilah melihat pribadi kita, apakah cahaya ini menyinari kehidupan kita? dan sungguh amat simpel tatkala kita hendak menyadari apakah shalat sudah mendatangkan cahaya untuk kita? yakni dapat lihat, apakah shalat menimbulkan ketaatan kepada allah dan menjauhkan kita dari bermaksiat kepada-nya? 

bila sudah, berarti shalat itu sudah menjadi asal cahaya bagi keseharian kita. inilah cahaya pertama yang diperoleh seseorang di dunia. dan kelak di akhirat, ia akan menjadi cahaya yang sungguh diinginkan, yang mengeluarkannya dari bermacam kegelapan hingga membawanya menuju surga allah subhanahu wa ta’ala .

3. shalat adalah obat dari kelalaian

lalai adalah problem kritis yang menimpa sejumlah manusia. lalai mengantarkan seseorang kepada sejumlah kekeliruan, bahkan menyebabkan manusia terbuai di dalamnya. mereka akan mengecap resiko dari kemalasan yang mereka lakukan di dunia maupun di akhirat nanti. sehingga kekeliruan menjadi penutup yang menutupi jiwa manusia. 

jiwa yang tertutup keteledoran, membuat kebajikan jadi susah sampai padanya. tetapi menunaikan shalat sesuai dengan syarat dan rukunnya, dan menjaga sunnah dan khusyu di dalamnya, insya allah akan menjadi penawar paling ampuh dari keteledoran ini, mensucikan jiwa dari noda-nodanya. 

nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “barang siapa yang menjaga shalat-shalat rawatib, niscaya ia tak akan dianggap sebagai orang-orang yang lengah”.

4. shalat sebagai solusi problematika hidup

sudah menjadi sifat alami seseorang ketika dia tertimpa cobaan, dia akan menggali pemecahan demi mengakhiri persoalannya. maka tak ada cara yang lebih baik dan lebih ampuh dari shalat. 

shalat merupakan penyelesaian terbaik saat melawan beraneka bentuk cobaan hidup. sebab tidak ada solusi yang lebih bagus dalam merekatkan diri seseorang dengan rabbnya selain dengan shalat. 

rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “situasi paling lekat seorang hamba dengan tuhannya yakni saat dia sujud, maka perbanyaklah doa”. hr. muslim

inilah di antara manfaat shalat yang amat besar, mendekatkan hamba dengan rabb yang paling ia perlukan dalam menuntaskan problem hidupnya. maka, kita jangan menyia-nyiakan peluang emas ini. 

jangan sampai kita teledor dalam detik-detik ibadah kita. jangan juga terburu-buru dalam shalat kita, seperti tidak ada faedah dalamnya.

shalat bisa menjadi sarana menakjubkan demi mendatangkan pertolongan allah subhanahu wa ta’ala. dalam sejarah nabi yunus alaihissallam, allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit”. ash-shafât/37:143-144

sahabat ibnu ‘abbas radhiyallahu anhu menafsirkan “banyak mengingat allah”, yaitu, beliau tergolong orang-orang yang mengerjakan shalat.

sahabat hudzaifah radhiyallahu anhu pernah mengisahkan terkait nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. “dahulu, bila nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tertimpa suatu perkara, maka beliau melaksanakan shalat”. hr. abu dawud

5. shalat menjaga dari perilaku keji dan mungkar.

sebagaimana sudah kita maklumi, bahwasanya shalat akan menghasilkan cahaya yang menunjukkan pelakunya kepada ketundukan. bertepatan dengan itu, maka shalat akan menyelamatkan pelakunya dari sifat jijik dan mungkar. sebagaimana hal ini difirmankan allah subhanahu wa ta’ala :

“bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu al-kitab (al-qur`an) dan dirikanlah shalat. sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. dan sesungguhnya mengingat allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). dan allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. al-‘ankabût/29:45.

“saat menafsirkan ayat ini, ibnu ‘abbas berkata, “pada shalat ada larangan dan himbauan dari penyimpangan kepada allah”.

6. shalat melenyapkan dosa

shalat selain membuahkan kebaikan bagi pelakunya, juga menjadi penghapus kekeliruan, membersihkan manusia dari kesalahan yang sudah dikerjakannya. nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“apa pendapat kalian, andai di depan pintu salah satu dari kalian ada sungai (mengalir); dia mandi padanya lima kali dalam sehari, apakah tersisa kotoran darinya?” para sahabat menjawab: “tak akan tertinggal kotoran sedikitpun”. beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “seperti itulah shalat lima waktu, allah menghilangkan dengannya kekelirua-kekeliruan”. hr. bukhâri dan muslim

7. wujud pengabdian pada sang kuasa

salah satu wujud pengabdian kepada sang maha kuasa ialah mendirikan sholat. dengan memeluk agama islam, berarti telah mencetuskan perjanjian dengan sang malik demi mengerjakan segala perintahnya. salah satu perintah nyatanya yaitu mengerjakan sholat

8. menghindarkan dari keburukan

manfaat sholat ternyata bisa menjauhkan manusia dari perilaku buruk. adanya tekad erat di hati dengan sang pencipta menumbuhkan kepercayaan, bahwa semua suatu pekerjaan terus diawasi oleh-nya. 

olehnya itu, ketika hendak mengerjakan kesalahan, pasti akan merenung ulang. hal ini membatalkan diri untuk melaksanakan kekejian.

9. ada kejadian magis di hari anda

kepercayaan magis akan muncul tatkala melakukan sholat dengan khusyuk. pernahkan anda sadar semua perkara anda menjadi gampang? semua yang anda cita-citakan makin mudah dicapai? itulah kenyataan magis diri anda. sebab allah sudah mengatakan bahwa ‘barang siapa yang membantu agama allah, niscaya allah akan membantu hambanya.

10. gerakan shalat menhindarkan osteoporosis

salah satu cara untuk menjauhi pengeroposan tulang pada masa tua dengan memakan banyak kalsium dan fosfor. namun peneltian baru ini menerangkan bahwa dengan, seseorang juga dapat terhindar. 

hal ini sebab aktivitas shalat diwujudkan sebagai salah satu senam ringan yang dikerjakan setiap hari selama 5 waktu. belum lagi yang menunaikan aktivitas sunnah. dengan seringnya seseorang melaksanakan senam sejak umur 7 tahun sampai udzur, pasti telah menjadi bekal diri demi menjauhi osteoporosis.

11. waktu paling dikabulkan kala berdoa

masa yang paling ditunggu malaikat ialah ketika subuh. maka waktu itu para malaikat meluncur ke dunia untuk melihat shalatnya umat bertakwa (qs. al-isra :78). bahkan andai saat itu seseorang memohon doa, niscaya malaikat juga membantu memohonkannya agar dikabulkan oleh allah subhannahu wata’ala.

12. obat jantung dan ginjal oleh si dzuhur

manfaat sholat untuk kesehatan yang didapatkan ketika mengerjakan shalat dhuhur tepat jadwalnya yakni memanilisir serangan penyakit jantung dan ginjal. sebab pada waktu ini kondisi bumi mulai panas, bahkan terdapat kekuatan semacam api yang keluar. kondisi dunia inilah yang mampu mempengaruhi keadaan hati dan alat pencernaan.

13. wujud terapi dengan si ashar

manfaat shalat ashar pada waktunya, ternyata mampu mensatukan zat kimia tubuh dengan auto self. warna alam saat waktu ashar juga telah mengoranye. hal ini amat cocok bagi situasi organ dalam seperti prostat, rahim, ovarium, serta testis. 

14. menjaga ginjal dengan mahgrib

salah satu sholat yang sangat minim ditinggalkan oleh sebagian umat islam. terutama tatkala melakukan puasa ramadhan. melakukan shalat mahgrib tampak dapat digunakan untuk terapi keadaan ginjal, karena terdapat energi alam yang nampak pada saat itu. 

15. menentramkan dengan isya

salah satu keunggulan orang melakukan ibadaht isya ialah menggapai ketenangan pikiran. karena intensitasnya mirip dengan sistem kontrol otak yang sedang bekerja. 

secara psikologis, bagi orang yang selalu melupakan shalat isya, lebih menuai kerisauan. warna alam saat kesempatan ini dari nila menjadi gelap gulita. sehingga sungguh dimotivasi agar istirahat setelah melaksanakanya.

16. membantu kinerja kelenjar tiroid oleh waktu subuh

terbentuknya saat kesempatan ini antara kecocokan alam dengan sistem tubuh kelenjar tiroid. mengerjakan shalat pada waktu subuh mempengaruhi fungsi tubuh dalam menjalani metabolism. spectrum warna pada saat ini adalah biru muda.

17. menambah motivasi


khasiat shalat 5 waktu dapat memompa motivasi dalam menjalankan aktivitas. setiap orang kudu bangun pagi, terus berwudlu, terus menunaikan ibadah. terdapat kekuatan tersendiri tatkala seseorang berhasil melaksanakan shalat dengan keadaan tenang. 

seseorang akan dijauhkan dari keadaan malas. sehingga waktunya amat membahagiakan.

18. shalat dapat melihat sifat orang lain

ingin mengenal sifat kawan sendiri? carilah sifatnya mengenai sholatnya! pandanglah bagaimana ia memelihara sholat untuk rabb-nya. saat ia melaksanakan sholat dengan tuma’ninah, tidak grusak-grusuk. kemudian rukuk dengan posisi sejajar, lantas duduk yang di dibarengi dengan doa. 

setelah sholat terus ditambahi dengan wirid dan sebagainya. tetapkah anda berpikir bahwa ia bukan orang bagus? dengan rabbnya yang tidak terlihat saja, ia tunduk. apalagi dengan yang berwujud?

19. sholat menentukan kemunafikan seseorang

amat rumit untuk menetapkan apakah orang itu munafik atau bukan. tetapi dengan khasiat sholat dapat menyadari hal itu. jika seseorang shalat bagi rabbnya dengan tulus dan mengharap rahmat allah saja, pastilah semua pekerjaannya penuh ketulusan jua.

20. disukai banyak orang

menunaikan ibadah dan memeliharanya ialah kegiatan yang sungguh sulit. oleh sebab itu kemuliaannya sangat banyak. salah satunya dia menjadi pribadi yang banyak disukai orang lain. 

karena kepada tuhannya saja dia sangat menyukai, tidak sempat sekalipun berpaling . terlebih dengan sesama golongan tentulah ia gemar membantu, sehingga semua orang yang mencintai kehadirannya.

21. tampak lebih bercahaya rupanya

faedah sholat 5 waktu untuk orang yang senantiasa mengerjakannya, niscaya mukanya terlihat teduh. lantaran hampir semua waktu ia mencuci wajahnya setidaknta 5 kesempatan sehari. selain itu sebab ketaatan pada sang pencipta, menjadikan diri seseorang nampak lebih menyejukkan. anda tak yakin? cobalah

demikianlah diantara manfaat shalat yang tidak terbatas banyaknya, dari yang kita ketahui ataupun yang hanya di sisi allah. oleh karena itu, marilah muhasabah pribadi kita masing-masing, sudahkah di antara faedah-faedah tersebut yang kita nikmati? ataukah kita masih memposisikan shalat menjadi salah satu keseharian hidup kita? jangan sampai kita termasuk kaum yang direndahkan allah dalam firman-nya:

maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. al-mâ’ûn/107:4-5.

semoga allah menjadikan kita ke dalam golongan hamba-hambanya yang menegakkan sholat, dan menikmati faedahnya dari shalat yang kita tunaikan.



Lync Server  ,  Unified Communications  >  Microsoft Lync Client Development



Comments

Popular posts from this blog

Azure DocumentDB Owner resource does not exist

job syspolicy_purge_history job fail in sqlserver 2008

Trying to register with public marketplace error with 'Get-AzureStackStampInformation'